Kamis, 21 Juni 2012

Dikau lebih menawan dengan jilbab

sriwahyuni
201110201129




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmta yang telah kita terima.Bersyukurlah karena anda terlahir sebagai wanita dan bersyukurlah karena Allah menciptakan manusia atas segala kelebihan dan kekurangannya.
Karena objeknya jilbab jadi kita akan bahas masalah cewek,Allah menganugerahkan kepada cewek itu berupa kemuliaan dan juga memiliki posisi yang tinggi serta diberikan kelebihan atas laki-laki lho baik fisik maupun rohani.kalo secara fisik,cewek identik sama kelembutan dan kehalusan.sedangkan pada kenyataannya ada juga cewek yang bersifat kecowok-cowokan gitu atau bisa dibilang dengan ‘cewek tomboy’lah.tapi kalo pada umumnya sih,cewek memang punya sifat lembut dan halus.apa yang mereka kerajakan dan lakukan selalu dalam kondisi rapi dan menyenangkan,ya gak?
Hati cewek itu ya mudah banget tersentuh,air mata mereka lebih mudah menetes,meski sekedar untuk membasuh luka dan menyegarkan jiwa.
Namun,saat ini cewek muslimah ada dalam kondisi yang memprihatinkan.secara umum,ada sebuah arus besar yang menghanyutkan mereka.arus besar itu adalah arus kebebasan yang membuka lebar-lebar semua pintu musuh-musuhnya sehingga mereka mengikuti apa yang menjadi tradisi,adat,dan kebiasaan musuh-musuhnya.mereka berbuat semau hati dan cenderung melanggar norma-norma syar’i.
Tips buat cewek biar selalu terjaga kehormatannya dan tetap pada derajat makhluk mulia,para muslimah kiranya memperhatikan hal-hal berikut:
1. Tutup Aurat
Nutupin aurat adalah kewajiban agama.yang berarti kalo kita meninggalkan atau melalaikan perintah itu maka adanya sanksi yang nugguin kita.dengan kata lain haram bagi cewek buat memperlihatkan atau mamer-mamerin aurat ke orang yang nggak berhak ngeliatnya.dan hal tersebut telah dijelaskan oleh Allah dalam QS. An-Nur:31.
kemudian pertanyaan pun muncul,apa aja sih aurat itu? Aurat cewek itu meliputi seluruh tubuh yaitu dari ujung ubun-ubun sampai ujung jemari kaki yang imut dan mungil itu.kecuali yang boleh diperbolehkan untuk dilihat.Nah dah tau kan aurat itu apa aja.
2. Tidak Pergi Tanpa Mahram
Jaman sekarang ini ya kita bisa nyaksiin banyak banget muslimah yang ngadain perjalanan tanpa ditemani mahramnya.Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah wanita melakukan safar selama 3 hari,kecuali bersama mahramnya.”(Hadits shahih,dikeluarkan oleh Bukhari 2/54,Muslim 9/106,Ahmad 3/7 dan Abu Dawud 1727)
Mahram itu apa sih? “mahram buat cewek itu siapa aja yang diharamin menikah dengannya secara mutlak(selamanya) kayak :bokap,sodaracowok,keponakan cowok,dan sodara sesusuan.Demikian pula,suami dari putri-putri mereka(mantu) yang telah bercampur dengan mereka(yakni mantunya udah melakukan jimak sama putrinya,selayaknya suami istri).termasuk dalam hitungan mahram bagi wanita adalah suaminya.”(Abu Maryam dalm bukunya Al Manhiyat halaman 68).
Kenapa hari ini masih nggak berjilbab?
Jilbab,dari dulu sampe sekarang masyarakat selalu nganggap cewek berjilbab itu identik dengan cewek yang lemah lembut,shalihah dan rapi tidak urakan.Dan cewek berjilbab akan senantiasa identik dengan tempat-tempat baik kayak masjid,mushala,tempat pengajian dan tempat-tempat umum yang tidak berbau negatif.serasa sangat tidak enak dipandang jika kita mendapatkan seorang cewek berjilbab joget dengan gaya lompat-lompat dan berjingkrak-jingkrak dan berada dalam barisan paling depan pula dalam suatu konser.gak banget kan… 
Masih ingat kan sama syair sebuah lagu:
Anak siapa pake kerudung…
Mata melirik kaki kesandung…
Loh kok kesandung ya? Gini loh,cewek berjilbab itu selalu menjaga pandangan,istilah Arabnya Ghaddul Bashar gitu.Nah,cewek berjilbab kan gak biasa ngelirik sana sini dan ngebebasin pandangannya,matanya senantiasa tunduk.jadi,waktu sekali ngelirik,sangat mungkin dia kesandung entah kesandung beneran atau teguran dari Allah SWT. Sangat tidak wajar kan kalo cewek berjilbab itu pandangannya sana sini,ntar kan kesannya seperti cewek jelalatan yang lagi nyari mangsa.
Yang saya akan kemukakan sekarang ini,alasan kenapa cewek-cewek pada nggak mau pake jilbab:
Belum mantap,lain kali ajalah!
Pernah nggak kamu ngajak orang ato temenlah yang lebih deket buat pake jilbab?tentu aja tiap hari gak cuma buat sekolah,kuliah ato pun kerja.respon mereka kayak gimana?Biasanya sih sebagian mereka mengiyakan kalo nutup aurat itu emang wajib tapi gak berenti sampe disitu doang.setelah itu mereka akan bilang kalo mereka sadar dan yakin wajibnya jilbab itu tapi mereka ngerasa belum siap aja.Nah,ini adalah jawaban yang sering kita denger.dan setiap kali diajak buat pake jilbab kebanyakan jawaban mereka bermacam-macam serta bervariasi seperti:belum mantap nih,akunya belum siap,nunggu hatiku mantap ajalah,belum kebuka hatinya(kayak hati punya pintu aja). 
Tidak bijaksana kalo kita sembunyi terus dibalik ketidak-mantapan kita,hal itu hanya akan melelahkan jiwa.Ingat,orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari sebelumnya,dan orang yang bangkrut adalah mereka yang labih buruk dari hari kemarin.tidak mantap harus diubah menjadi mantap.tidak siap harus diubah menjadi siap.semua butuh proses.
Takut nggak laku nikah
Ini sih alasan yang dibuat-buat.Kecantikan itu kan emang salah satu alasan buat menikahi wanita tapi kan nggak gitu juga kali.nikah ato tidaknya seseorang tidak ditentukan oleh cantik dan nggaknya.tapi ditentukan oleh seberapa besar keinginan dan kemauan dia buat berusaha menuju mahligai pernikahan itu.selain itu juga yang nentuin jodoh atas dirinya kan Allah Ta’ala,ya nggak?
Belum cukup umur
Alasan ini seringkali kali jadi senjata bagi para cewek-cewek muda,gara-gara ngerasa masih kecil,imut-imut dan belum cukup umur jadinya mereka ngundurin diri dari berjilbab.justru,melatih menggunakan jilbab harus dimulai di awal usia,ketika anak-anak masih kecil,imut dan ngegemesin harus dibiasain buat nutup aurat.jadi kalo udah gede dan mnginjak dewasa,sama sekali nggak terlintas di fikirannya buat lepas jilbab dan berganti ke pakaian yang lainnya.
Mulailah mengenakan jilbab saat ini juga,sebelum rambut kita beruban.Jangan menunda hingga kita tua karena kita pun belum tahu apakah kita akan mengalami masa tua itu.
Ini kan keindahan,harus disyukuri
“kecantikan kan nikmat dari Allah SWT,ya kita nggak salah dong kalau kita harus bersyukur kepadanNya dengan memperlihatkan keindahan tubuh,rambut,dan kecantikan kita…”
Wah wah wah…mantap bener tu omongan ya.Nah ini juga alasan yang diungkapin banyak orang yang saat ini nggak mau pake jilbab.kalo kita mau bersyukur kepada Allah SWT maka perlihatkanlah kesyukuran itu dengan sesuatu yang disenangi dan diperinthkan Allah SWT,di antaranya adalah dengan memakai hijab atau jilbab.inilah syukur yang sebenarnya.
Tetapkan garis finish
Garis finish ini nggak boleh diremehin,ia adalah sebuah akhir yang harus disetting dan direncanain secara tepat dan cermat. Kalo kita udah nentuin garis finish itu maka kita akan mikirin tahapan-tahapan buat menuju kesana.tahapan-tahapan ini yang jadi kendaraan buat perubahan kita,nganterin kita ke perubahan yang berkelanjutan,stabil,dan progresif.Nah,kita akan membahas dan kenali satu persatu.
1. Perkaya Ilmu
Semakin tinggi dan semakin banyak ilmu yang kita miliki maka dorongan untuk mengenakan jilbab akan semakin kuat.kalo kita emang perlu tahapan buat memakainya maka tempuh aja penahapan itu.karena kita sangat sadar kalo semuanya itu butuh proses dan pengkodisian.
Hal pertama yang harus dilakuin adalah memperkaya diri dengan ilmu,yang pastinya ilmu yang bener dong bukan sebaliknya.Deketin ustadz ustadzah yang bisa memberikan kita pemahaman tentang Islam (bukan malah jadi gebetan...hehe).
2. Pakailah Kerudung
kerudung disini yang dimaksud adalah yang lazim dipahami orang-orang Indonesia yang nutupin kepala yang menjulur nutupin dada sehingga yang namanya rambut,leher maupun lekukan tubuh seputar kepala dan dada nggak terlihat.dan tentu juga didukung dengan baju yang panjang yang nutupin seluruh tubuh kita.pelan tapi pasti,dirimu akan hadapin berbagai respon dari orang-orang yang ada disekitar kamu.baik itu bapak,ibu,sodara maupun kerabat.
3. Sempurnakan dengan Jilbab
kalo tahap awal udah dijalanin beberapa saat,cobalah dengan tapi pasti buat bergeser ke kerudung yang lebih gede dan seyogyanya dibarengi dengan jubah ato baju kurung.Siapkan hati untuk selalu memperbaiki diri agar menjadi semakin baik dan tentunya shalihah.
4. Jilbabi Hatimu
Jilbabilah hatimu kawan,sehingga hati bisa menjadi hati yang salim,selamat dan sehat.Hati yang salim itu kan hati yang diinginkan Allah SWT,iya kan? Dan Allah SWT pun telah menjelaskannya dalam Al-Qur'an surah Asy-Syu'ara' :87-89,yang artinya, “Dan janganlah engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan,yaitu dihari harta dan anak laki-laki tidak berguna,kecuali orang-orang yang menghadap Allah SWT dengan hati tang bersih.”
Emang sih pakaian itu bukan satu-satunya alat ukur buat nentuin kemuliaan akhlak seseorang.cewek muslimah yang pakaiannya sempurna,belum tentu akhlaknya baik.sedangkan cewek muslimah berakhlak baik pasti akan semakin sempurna dalam hal cara menutup auratnya.
Jadi,kalo ada pertanyaan tentang mana yang lebih baik antara cewek yang berjilbab tapi akhlaknya buruk dengan cewek yang belum berjilbab tapi akhlaknya lebih terjaga,akan terjawab kalo yang lebih baik itu cewek yang berjilbab dan akhlaknya baik.setuju nggak?
Wanita itu hendaknya menutup seluruh badannya,kecuali wajah dan telapak tangan.Jilbab bukanlah perhiasan,tidak tipis,tidak ketat sehingga tidak menampakkan bentuk tubuh,tidak disemprot parfum,tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita kafir,dan bukn merupakan pakaian untuk mencari popularitas.
Gimana?udah mantap mo pake jilbab?
Bismillah!
Segeralah berubah yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar