Rabu, 20 Juni 2012

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN

Nama : Tina Widiatul Lestari
NIM  : 201110201135

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN 


Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga. Dengan tubuh yang sehat kita akan dapat menjalankan segala aktivitas kita dengan baik dan lancar. Untuk itu kita perlu menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Berbeda dengan orang yang sakit, selain tidak bisa melakukan aktivitas, juga perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan. Dan terkadang biaya untuk pengobatan yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Alangkah lebih baik jika kita dapat mencegah agar tidak menjadi sakit.
Lalu bagaimana agar kita tetap bisa hidup sehat ? Karena disadari atau tidak, terkadang kita justru melakukan sesuatu yang dapat memicu timbulnya penyakit
Dalam kehidupan modern saat ini setiap orang mudah terkena penyakit dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, polusi udara, makanan kurang gizi & mengandung pestisida ataupun bahan pengawet yang berbahaya, stress dan kurang tidur sehingga berpotensi menimbulkan datangnya penyakit seperti : jantung, hipertensi, diabetes, stroke, kolesterol, kista, paru-paru, lupus, anemia, ginjal, wasir, prostat dll.
Kebanyakan warga negara Indonesia tidak sadar dengan kesehatan seperti makan sembarangan, terlalu banyak aktivitas sehingga kurangnya istirahat, dan mereka tidak pernah melakukan olahraga. Padahal makan makanan bergizi, istirahat yang cukupdan berolahraga itu adalah kunci untuk menjaga kesehatan.
Kita akan sadar jika kesehatan itu sangat penting pada saat kita terkena penyakit. Sebenarnya kita bisa menghindari penyakit itu jika kita peduli dengan kesehatan kita. Kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat harus dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena kesehatan itu merupakan anugerah yang terindah yang diberi oleh Tuhan.
Kesadaran akan pentingnya kesehatan meliputi berbagai hal, mulai dari pencegahan sampai dengan penanganan penyakit. Masyarakat menilai tingkat kesadaran yang bervariasi untuk masing-masing jenis kesadaran.
Oleh karena itu tujuan utama program Idonesia Sehat 2010 adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Salah satu indikator keberhasilan program adalah penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat serta memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan dan fasilitas kesehatan yang bermutu.
Faktor kesehatan lingkungan meliputi kebersihan (termasuk pengelolaan sampah), tersedianya udara yang sehat, dukungan tumbuhan penyegar, dan sebagainya.
Kesadaran masyarakat menjaga kesehatan diri dan lingkungan masih rendah. Rendahnya kesadaran itu, karena berbagai faktor, diantaranya faktor ekonomi dan ketidaktahuan bagaimana cara hidup sehat.
Banyak orang memiliki berbagai keluhan kesehatan akibat tidak memperdulikan kesehatan tubuhnya baik itu keluhan yang ringan hingga keluhan yang berat seperti: kegemukan, diabetes, penyakit jantung, masalah pencernaan, dan sebagainya.
Mulai sekarang mari cegah dan atasi dengan mengkonsumsi makanan kesehatan herbal yang sudah teruji dan berkhasiat yang mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh [protein, vitamin, mineral] sehingga memberikan daya tahan bagi tubuh agar terhindar dari penyakit.
 


 Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga agar tubuh tetap sehat :


1. Konsumsi Makanan yang  Cukup dan Bergizi  

  


Untuk melakukan aktivitas sehari-hari tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Konsumsilah makanan yang bergizi. Makanan bergizi tidak harus makanan yang mahal. Yang penting cukup mengandung protein, kalori, kalsium dan nutrisi lain yang dibutuhkan. Semua itu terkandung dalam makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, susu dan lainnya. Dengan nutrisi yang cukup maka sistem imun di tubuh kita akan menjadi kuat, sehingga dapat menahan serangan-serangan penyakit dari luar. Bila perlu konsumsi suplemen/vitamin untuk menjaga kesehatan agar badan tetap fit. Konsumsi juga air putih yang cukup. Air putih sangat bermanfaat untuk tubuh kita, selain mencegah dehidrasi, air putih juga dapat membantu menghilangkan racun dan bakteri lainnya dalam tubuh dan dibuang melalui saluran pembuangan.


2. Hindari Pola Makan yang Tidak Sehat   

 
Pola makan yang tidak sehat meliputi makan makanan yang mengandung bahan pengawet, pemanis buatan dan semua yang bercampur dengan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya. Bahan-bahan kimia dalam makanan secara tidak langsung akan menimbulkan beberapa penyakit seperti kanker. Biasakan mengkonsumsi makanan yang alami yang tidak tercampur dengan bahan kimia. Jika ingin terasa enak dapat ditambahkan dengan bumbu-bumbu yang alami.
Pola makan yang tidak sehat juga meliputi kebiasaan makan yang berlebihan, sehingga lemak, kalori akan menumpuk dalam tubuh kita. Hal ini akan menyebabkan penyakit diabetes, kolesterol, asam urat dan penyakit lainnya. Biasakan juga makan secara teratur. Kebiasaan makan yang tidak teratur juga memicu timbulnya penyakit seperti maag.



3. Hindari Pola Hidup yang Tidak Sehat  





Pola/gaya hidup yang tidak sehat ini seperti kebiasaan tidur ditempat kerja, merokok, minum-minuman beralkohol, pergaulan bebas dan lainnya. Pergaulan bebas akan menimbulkan penyakit AIDS, kanker serviks dan lainnya. Sedangkan merokok dapat menyebabkan penyakit jantung koroner ataupun kanker. Merokok itu sendiri tidak hanya merugikan perokoknya bahkan juga membahayakan orang yang berada di sekitarnya. Karena orang yang menghisap asap rokok juga bisa terkena resiko untuk terkena penyakit kanker. Banyak orang yang tidak bisa meninggalkan rokok karena memang penyakit yang diakibatkan oleh rokok tidak dirasakan seketika dan memang mereka merasa nikmat dengan rokok tersebut. Proses terjadinya penyakit yang disebakan oleh rokok itu memang lama bahkan bisa bertahun-tahun. Mereka akan sadar ketika penyakit-penyakit tersebut sudah menghampirinya. Dan jika sudah demikian maka penyesalanlah yang dirasakan. Ingatlah bahwa kenikmatan merokok itu hanya sementara, tidak pernah ada yang diuntungkan dengan rokok.
Selain hal tersebut kita juga harus memperhatikan hal-hal yang terkadang sepele seperti kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, mencuci buah-buahan yang akan dimakan dan lainnya. Mulailah untuk hidup yang sehat bahkan dari hal-hal yang kecil

.
4. Beristirahat yang Cukup  



 
Capek merupakan signal (tanda dari tubuh) agar kita beristirahat untuk tidak melanjutkan aktivitas kita. Jika dipaksa untuk tetap beraktivitas maka akan menyebabkan timbulnya penyakit, seperti stress, Dengan beristirahat yang cukup maka dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah di tubuh kita. Otak menjadi segar dan organ-organ tubuh juga menjadi rileks kembali. Tubuh pun siap untuk beraktivitas kembali.



5. Berolahraga Secara Teratur    


 

Dengan berolahraga maka peredaran darah akan menjadi lancar otak pun menjadi rileks. Jika tubuh jarang digerakkan maka tulang, otot, sendi akan menjadi kaku. Tentu saja dengan keadaan seperti ini kita juga tidak nyaman untuk melakukan aktivitas.
Olahraga juga dapat membantu membakar lemak atau kalori yang berada di tubuh kita, sehingga tidak menumpuk di tubuh kita.


6. Cek Kesehatan 



 

Sekali-sekali cek kesehatan memang diperlukan. Karena beberapa penyakit memang gejala awalnya sering tidak dirasakan.  Seperti diabetes, kolesterol, asam urat, darah tinggi dan lainnya. Dengan adanya cek kesehatan kida akan mengetahui tekanan darah, kadar darah, kadar kolesterol atau kadar asam urat dalam tubuh kita. Jika memang ada peningkatan maka kita dapat mencegahnya sejak dini, sehingga penyakit tidak berlanjut.

 

Sekian dulu ya temen-temen, semoga bermanfaat dan tentunya suatu kebahagiaan apabila bisa memberikan informasi kesehatan bagi banyak orang, apalagi bilamana orang yang sedang menderita sakit bisa disembuhkan tanpa harus di opname ataupun di operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar