Minggu, 17 Juni 2012

SAYANGILAH JANTUNG ANDA !!!

Name : HERA NUR FEBRIASTUTI
NIM   : 201110201095 
Class : PSIK 2B

SAYANGILAH JANTUNG ANDA !!!


 

APAKAH JANTUNG SEHAT ITU?

J
antung adalah organ tubuh yang terdiri dari otot-otot yang kuat dan memompa darah yang membawa oksigen dan bahan makanan ke seluruh bagian tubuh. Untuk dapat berfungsi secara baik, jantung membutuhkan darah yang cukup untuk memberinya oksigen dan bahan makanan yang memadai, agar dapat menunjang kegiatan sehari-hari seperti berjalan atau makan. Jantung memiliki dua arteri koroner utama, yang selanjutnya bercabang-cabang.



 

CARA KERJA JANTUNG

Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.

Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (pembuluh kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan selanjutnya dialirkan kembali ke jantung.

Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru.

Darah dalam atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis/mitral, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan sebagainya.


ASUPAN KARBOHIDRAT BERLEBIH DAPAT MENINGKATKAN RESIKO PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung telah menjadi penyakit paling berbahaya di dunia. Banyak orang yang merasa khawatir bahwa dirinya terkena penyakit mematikan yang satu ini.

Beragam carapun dilakukan untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung, mulai dari rajin melakukan olahraga (khususnya senam jantung), memeriksakan kondisi jantung secara rutin, dan menghindari asupan makanan yang disinyalir berpotensi dapat meningkatkan resiko terkena penyakit ini.

Namun, sayangnya belum banyak yang tahu bahwa salah satu jenis makanan yang cukup berbahaya karena mampu meningkatkan resiko terserang penyakit jantung apabila dikonsumsi secara berlebihan ialah konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat semacam mie, nasi, roti tawar, dan lainnya.

Bukan tidak boleh sama sekali, melainkan perlu dilakukan pembatasan terhadap asupan makanan yang mengandung karbohidrat supaya tidak berlebihan. Banyak orang bahkan dokter sendiri menyebutkan bahwa lemak merupakan faktor yang menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung.

Namun selain lemak, memakan makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan pun bisa meningkatkan resiko terkena jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Washington, AS, dinyatakan bahwa seseorang yang melakukan diet kaya karbohidrat berpotensi dalam meningkatkan kadar gula dalam darah sekaligus juga meningkatkan resiko penyakit jantung.

 

BATASI MAKANAN YANG KAYA GLUKOSA

Makanan yang kaya glukosa juga merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung yang biasanya terjadi tak hanya kepada mereka yang menderita diabetes namun juga kepada masyarakat umum. Adanya penurunan fungsi endothelium juga menjadi kunci utama yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan juga pembuluh darah.

 
Dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Alabama Birmingham AS, sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian tentang kelebihan karbohidrat sebagai pemicu penyakit jantung dan tentang keterkaitan antara mengurangi kadar karbohidrat dalam tubuh dengan rasa kenyang seusai makan, sebanyak 55% warga Amerika mendapatkan pasokan kadar kalori hariannya dari gula, serat, dan juga tepung. Hal inilah yang perlu dikontrol dalam melakukan diet.

Meskipun penelitian di atas yang menyatakan bahwa kebanyakan mengonsumsi karbohidrat bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung masih memerlukan konfirmasi dan penelitian lanjutan, sebaiknya kita mengurangi kadar karbohidrat dalam menu makanan sehari-hari. Karbohidrat disarankan untuk dikonsumsi secukupnya saja, tak perlu berlebihan. Untuk menggantinya, mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya serat bisa menjadi alternatif yang juga  mengenyangkan namun menyehatkan.

KENALI TANDA AWAL PENYAKIT JANTUNG

S
       EBELUM penyakit jantung semakin mengancam dan terlihat lebih menyeramkan, ada baiknya untuk    dilihat apa saja tanda-tandanya:
    
  • Terjadi tekanan yang berat pada dada, biasa sering disebut sebagai nyeri dada. Disebabkan karena   sel-sel jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup karena berkurangnya aliran darah ke otot-otot         jantung.
  • Tanda pertama dapat terlihat dari adanya kesulitan dalam bernafas. Kesulitan tersebut biasanya terjadi ketika tidur atau hanya sekedar berbaring. Untuk mengatasi hal tersebut, ambilah nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Kondisi nafas yang sesak juga biasa terjadi pada malam hari, hal tersebut dapat dikatakan sebagai Paroxysmal Nocturnal Dyspnea, atau kesulitan nafas akibat berkurangnya kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan kembalinya darah ke jantung dan paru-paru.
  • Tanda awal juga ditandai dengan berkurangnya nafsu makan. Hal tersebut disebabkan akumulasi cairan dalam hati atau sistem pencernaan yang mengakibatkan berkurangnya nafsu makan.
  • Seringkali merasa lelah tanpa sebab. Rasa lesu dan lelah diakibatkan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen.
  • Intensitas buang air kecil yang sering dapat menjadi salah satu tanda. Hal tersebut terjadi karena cairan yang terakumulasi di ginjal melalui aliran darah pada siang hari. Untk menghindari hal tersebut, kontrol asupan air pada malam hari.


Kenali 5 tanda-tanda awal penyakit jantung ini sehingga pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin. 




JANTUNG TAK SEHAT

Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit penyebab utama kematian di Indonesia. Ketika arteri koroner menyempit atau tersumbat, suplai darah ke jantung berkurang, sehingga tak cukup untuk memenuhi kebutuhan otot-otot jantung. Keadaan inilah yang disebut dengan penyakit jantung koroner. Penyebab utama penyakit ini adalah aterosklerosis.

Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah keadaan di mana unsur lemak bertumpuk di dinding dalam arteri dan menyebabkan menyempitnya arteri, dan jika terus berlanjut, menyumbat arus darah. Ini biasanya terjadi jika kita kelebihan lemak atau kolesterol dalam darah kita.

 

HAL YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK PENCEGAHAN:

  • Melakukan latihan treadmill. Anda bisa melihat kondisi kesehatan jantung dengan membaca hasil dari rekaman alat ini.
  • Pola makan seimbang, tidak merokok.
  • Kurangi makanan berbahan gandum atau jagung, roti, pasta, nasi, makanan manis.
  • Menjaga berat badan.
  • Cegah penyakit gula dan tekanan darah tinggi
  • Menghindari makanan karbohidrat olahan, padi-padian dan gula. Makanan ini sumber glukosa dan menyebabkan gula darah meningkat dan menghambat pankreas dalam memproduksi insulin serta menyebabkan penebalan lapisan endothelial pembuluh   koroner.
  • Kurangi konsumsi minyak nabati Omega-6. Ini pemicu zat kimia yang meningkatkan stres oksidatif dan merusak sistem pembuluh darah.
  • Asam lemak Omega-3 yang cukup atau minyak ikan.
  • Konsumsi sayuran segar, buah-buahan jenis berri, dan suplemen untuk menekan dampak radikal bebas.
 

Sayangi Jantung Anda

Melihat berharganya organ jantung ini untuk kelangsungan hidup, maka segeralah perbaiki gaya hidup Anda agar tetap sehat. Mulailah menikmati makanan yang sehat, bergizi dan rendah kolesterol. Hindari merokok dan stres. Serta berolahragalah secara teratur. Mulailah dengan gaya hidup yang sehat sejak hari ini untuk menyayangi jantung Anda.

 


    
HERA NUR FEBRIASTUTI
201110201095
PSIK 2B





Tidak ada komentar:

Posting Komentar