Rabu, 20 Juni 2012

TIPS PERAWATAN GIGI BEHEL!!!Met baca yach!!



TIPS PERAWATAN GIGI BEHEL!!!Met baca yach!!



Hai sista-sista and brother-brother!! hehe. Pagi ini aq mau share untuk merawat gigi dan mulut selama memakai behel!! Khusus buat yg sudah memakai behel maupun yang baru mau pasang behel ini pasti penting banget buat kalian! oke met baca aja yahh!!

Tips Merawat Gigi dan Rongga Mulut Selama Memakai Behel:
·         Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Dijual di apotek, klinik, dan supermarket besar (bukan di warung-warung).
·         Selain itu juga ada sikat tambahan untuk sela2 gigi, karena orang yang pake behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat.
·         Gunakan pasta gigi dengan formula terlengkap agar benar-benar melindungi dan merawat gigi secara intens. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali proses, yang pertama tanpa pasta gigi terlebih dahulu agar sisa-sisa makanan yang hendak diberantas bisa terlihat dan tidak terhalang buih dari pasta gigi (lakukan di depan cermin tentunya), setelah itu barulah menyikat gigi dan lidah dengan pasta gigi.
·         Wajib berkumur dengan obat kumur setelah menyikat gigi dan bila perlu gunakanlah dental floss (benang gigi). Maka, tidak mengherankan apabila rutinitas menyikat gigi ketika awal masa pemakaian behel bisa mencapai 20 menit.
·         Menyikat gigi dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari: pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
·         Perbanyak mengonsumsi vitamin C karena akan lebih sering terkena sariawan disebabkan karena tergores behel. Siapkan obat sariawan seperti Albothyl dan bila perlu siapkan juga wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian logam behel yang tajam). Selain itu, asupan kalsium dan vitamin D yang lebih banyak dari dosis biasanya juga sangat dibutuhkan oleh gigi.
·         Setelah check-up, biasanya bukan hanya gigi yang akan terasa ngilu/nyeri tapi juga rahang, dagu dan kepala bahkan terkadang bisa sampe demam. Hal ini dikarenakan pergerakan gigi yang otomatis berpengaruh ke sistem syaraf dan bentuk kepala serta profil wajah kita. Jadi siapkan painkiller seperti Panadol yang mengandung parasetamol bila perlu.
·         Hindari makanan yang terlalu keras. Potong makanan dengan tangan terlebih dahulu, jangan memotongnya langsung menggunakan gigi. Selain bisa mengacaukan proses pergeseran gigi, juga dapat melepas bracket behelnya. Untuk memasangnya kembali dikenakan biaya tambahan (hahah…).
Okay. Semoga info dan tips ini berguna dan bermanfaat.

TATIK KURNIANINGSIH
201110201133

Tidak ada komentar:

Posting Komentar