Selasa, 19 Juni 2012

FUNGSI MANUSIA




 FUNGSI MANUSIA
DESI NUR ANGGRAEINI (201110201079)
PSIK 2B


I.              Fungsi manusia terhadap diri sendiri
Allah telah menurunkan manusia ke bumi ini sebagai khalifah dan  membekali manusia dengan bermacam-macam bnteuk, hanya bagaimana cara manusia itu sendiri menggunakan nya, di sinilah fungsi manusia terhadap diri sendiri diperlukan.
Mengapa di perlukan?  Karna jika manusia tidak menggunakan fungsi dirinya sendiri maka dia akan mendapatkan kerugian  meraka tidak akan  pernah bersyukur mereka tidak menjaga lingkungan seperti menebang hutan secara liar dan tampa melakukan reboisasi maka akan terjadilah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, disilah fungsi manusia terhadap dirinya sendiri dibutukan agar tidak terjadi seperti contoh d atas.

II.            Fungsi manusia terhadap masyarakat

Manusia adalah makhluk individu, makhluk religious, dan makhluk sosial. Sebagai makhluk individual  manusia mempunyai keinginan untuk kepentingan pribadi sedangkan religious manusia mempunyai keinginan untuk mengadakan hubungan dengan Allah dan mahkluk sosial manusia mempunyai keinginan untuk berhubungan dengan manusia yang lainnya dan mempunyai keinginan untuk saling tolng menolong,maka kenmudian terbentuk kelompok masyarakat yang saling bergotong royong membantu antar sesama. Fungsi manusia terhadap masyarakat yaitu adanya kesediaan untuk melakukan interaksi dengan sesamanya dan memperhatikan kepentingan orang lain dalam hal ini adalah tolong menolong. Hal ini ditegaskan dalam al-quran surah Al-Maidah ayat 2 sebagai berikut, yang artinya : Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan ketaqwaan. Dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.

III.           Fungsi Manusia Terhadap Alam dan Lingkungan  

Fungsi manusia terhadap alam adalah bagaimana memanfaatkan potensi alam untuk mencukupi kebutuhan hidup manusia. Banyak ayat al-Qur'an yang menegaskan bahwa segala sesuatu di langit dan dibumi ditundukan Allah kepada manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
“QS.al-Jatsiyah:13” Laut, sungai, matahari, bulan, siang dan malam dijadikan sebagai sarana kemakmuran hidup manusia
 “QS. Ibrahim : 32-34” binatang ternak diciptakan Allah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia
“QS. an-Nahl : 5” laut ditundukkan kepada manusia sebagai sarana komunikasi dan untuk digali dan dimanfaatkan kekayaannya
Manusia berkewajiban mengolah dan menjaga alam untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia merupakan tuntutan fungsi manusia terhadap alam. Dalam memenuhi fungsi manusia terhadap alam, hendaknya selalu diusahakan agar keselamatan manusia tidak terganggu. Tidak memanfaatkan potensi alam secara berlebih-lebihan, agar generasi mendatang masih dapat menikmatinya, karena potensi alam terbatas [Ahmad Azhar Basyir, 1985 : 16]. Apabila berlaku belebih-lebihan, tamak, rakus, dalam menanfaatkan potensi alam akan berakibat kerusakan pada manusia itu sendiri. Dalam hubungan ini, Allah memperingatkan manusia

IV.          Fungsi manusia terhadap Allah

Dalam surat Al-Zhariat ayat 56 yang artinya “Dan tidaklah aku menciptakan jin dan manusia melainkan mereka berbeda kepada KU” dan dalam surat Al-baqarah ayat 21, Allah merintahkan manusia untuk beribadah sebagai berikut “Hai manusia beribadahlah kamu kepada tuhan MU yang  telah menciptakan mu dan sebelum mu agar kamu bertaqwa” Maka dengan demikian beribadahlah kepada Allah. Yang menjadi fungsi manusia terhadap ALLAH

V.           Kualitas Iman

Keimanan merupakan kebutuhan hidup manusia, menjadi pegangan keyaninan dan sebagai penggerak untuk berperilaku dan beramal. Iman sebagai syarat utama dalam mencapai kesempurnaan. Awal untuk mewujudkan perilaku, amal saleh dan pengorbanan manusia bagi pengabdian kepada Allah, karena iman juga sangat terkait dengan amal saleh. Dalam keadaan beriman, manusia dapat memperlihatkan kualitas perilaku, kualitas amal salah, dan kualitas sosialnya yaitu ketulusan dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat luas.
Djamaludin Ancok [1998:15], pada pembahasan kapital spritual, mengatakan bahwa "semakin tinggi iman dan taqwa seseorang semakin tinggi pula kepital Intelektual, kapital sosial, dan kapital lembut". Manusia yang beriman hatinya akan dibimbing Allah, jiwanya menjadi tenang dalam melakukan aktivitas hidupnya, dalam QS.at-Taghaabun : 11, Allah berfirman :
"Siapa yang beriman kepada Allah, Allah akan memimpin hatinya" [QS.64:11]


VI.          Manusia berkualitas menurut Al-Quran dan kualitas intelektual
Sabda rasul “barang siapa yang memperoleh kebahagiaan dunia dengan ilmu, dan barang siapa yang ingin memperoleh kebahagiaan akhirat dengan ilmu, dan barang siapa ingin memperoleh kebahagiaan keduanya dengan ilmu. Didalam Al-quran surat mujadalah ayat 11, Allah mengangkat derajat orang yang memiliki ilmu pengetahuan : “allah mengangkat orang-orang yang beriman dari golonganmu semua dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu hingga beberapa derajat”

VII.         Kualitas Amal Sholeh
Amal adalah melakukan, sedangkan sholeh adalah kebaikan-kebaikan yang berbentuk perintah dan larangan atau halal dan haram yang berhak hanya ditentukan oleh Allah SWT. Amal sholeh adalah pembentukan kualitas manusia,perbuatan yang bernilai bagi manusia,sebab tiap kerja yang dilakukan setiap saat merupakan ukiran kearah terbentuk kepribadian manusia dan itu pula yang akan dilihat dalam cermin hidupnya. Al Quran surat AT-TIN ayat 5-6,yang artinya “manusia akan dikembalikan ke kondisi yang paling rendah, kecuali manusia yang beriman dan mengerjakan amal sholeh”.  Oleh karena itu,amal perbuatan yang bermakna bagi kehidupan manusia baru dapat terwujud apabila sebelumnya ada iman dan ilmu pengetahuan.
VIII.       Kualitas Sosial
Kualitas sosial, Manusia sebagai makhluk sosial berfungsi terhadap masyakatnya artinya memiliki kemampuan untuk melakukan hubungan dengan orang lain. Karna manusia merupakan keluarga besar yang berasal dari satu keturunan adam dan hawa, selain itu Allah menjadikan manusia dalam berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar mereka saling mengenal dan tolong-menolong dalam berbuat kebaikan dan bertaqwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar